Berita Terbaru

Para Pemanah Dari 7 Kabupaten Bertanding Di Kuningan

Kuningan – Atlet panahan dari 7 kabupaten turun tanding dalam event Archery Championship Piala Menpora yang digelar Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) yang bekerjasama dengan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Kuningan dan Sarjana Pendamping Penggerak Pembangunan Olahraga (SP3OR) Jawa Barat.

Menurut Kabid Keolahragaan Disporapar Kabupaten Kuningan Asep Ismanto, S.Pd, M.Pd, ketujuh kabupaten itu diantaranya, Kabupaten Kuningan, Cirebon, Ciamis, Majalengka, Sumedang, Sukabumi, serta Kota Cirebon, dan mereka akan bertanding di Stadion Mashud Wisnusaputra, Jl. Siliwangi No.13, Kuningan, selama dua hari, yakni Jumat hingga Sabtu (29-30/10/2021).

“Jumlah seluruh atlet dari 7 Pengcab Perpani Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang turut serta dalam kejuaraan ini 87 orang, dan mereka akan mengikuti 3 nomor pertandingan diantaranya, nomor recurve, coumpound, serta nomor standar nasional,” ujar Asep, Jumat (29/10/2021).

Dipaparkan Asep, kejuaraan olahraga unik yang jarang digelar di Kuningan tersebut bisa terselenggara atas sokongan dana, atau anggaranya bersumber dari Kementrian Pemuda Dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia.

Sementara, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH dalam kata sambutannya di pembukaan acara Kuningan Archery Championship ‘Piala Menpora’ mengungkapkan, sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan terhadap keolahragaan, pihaknya siap mendukung dan bersinergi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sesuai dengan tema Hari Olahraga Nasionasl (Haornas) XXXVIII 2021, yaitu Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju.

Acep menjabarkan, keolahragaan merupakan prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, hal itu bisa dilihat diantaranya, dengan diraihnya 9 medali emas oleh para atlet asal Kuningan pada gelaran PON XX Papua, dan prestasi ini telah menempatkan Kuningan ranking ke 3 sebagai kabupaten/kota penyumbang medali emas, dalam menghantarkan Provinsi Jawa Barat menduduki posisi juara umum.

Selain itu, lanjut Acep, Kuningan dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Babak Kualifikasi Porprov XIV Tahun 2021 cabang olahraga panahan, yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 hingga 22 November 2021.

Jadi, kata Acep, gelaran Archery Championship Piala Menpora ini dilaksanakan sebagai uji coba/test event untuk kegiatan babak kualifikasi Porprov, sekaligus diharapkan bisa membangkitkan kembali semangat para atlet panahan Kuningan, agar mampu berkontribusi menorehkan prestasi untuk keharuman nama Kabupaten Kuningan dan Jabar khususnya, umumnya untuk Indonesia.

Pada kesempatan yang dihadiri oleh Asisten Deputi Olahraga Prestasi, Asisten Deputi Olahraga Pendidikan Kemenpora RI, Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Jawa Barat, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, para pejabat struktural Disporapar, Ketua KONI, Ketua Umum Pengcab Perpani Kabupaten Kuningan, serta perwakilan Pengprov Perpani Jabar tersebut, Acep juga tak lupa berucap terima kasih.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kementrian Pemuda Dan Olahraga RI, yang telah memberikan kepercayaan pada Kabupaten Kuningan untuk melaksanakan kegiatan ini, juga kepada Disporapar Kabupaten Kuningan, Koni, Perpani Kuningan, serta SP3OR Jabar, sebagai kepanjangan tangan dari Dispora Jabar yang terus bahu-membahu bekerja menggelorakan olahraga di Kabupaten Kuningan,” ucap Acep. (Yud’s)

Related posts

Coba Bertahan, Grage Sangkan Resort & Spa Berikan Banyak Promo di Masa Pandemi

admin

Sempat Jadi Peringkat Satu, Jabar Harus Rela Turun di Posisi Kedua

admin

Acep Purnama : NKRI Harus Kita Rawat Bersama

admin

Leave a Comment