Berita Sorotan Terbaru

Kuningan Terus Kejar Target Cakupan Vaksinasi


Bewara.id – Kabupaten Kuningan termasuk salah satu Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang level PPKMnya naik dari dua menjadi tiga. Naiknya level ini bukanlah karena kenaikan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Kuningan namun disebabkan kurangnya cakupan vaksinasi yang menjadi salah satu indikator penurunan level PPKM.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Hj. Susi Lusiyanti saat diwawancara terkait turunnya Level PPKM di Kabupaten Kuningan (05/10).

“Secara angka coronanya sudah landai, sekarang patokannya bukan secara kasus tapi sudah beralih menuju heard immunity, sehingga ukuran level sekarang berganti kearah cakupan imunisasi” Jelas Susi.

Menurut Susi, patokan untuk turun ke level dua itu ada dua, yang pertama vaksinasi secara umum 50 %, lansia harus 40 %, untuk itu, Pemda melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan dalam waktu beberapa hari ke depan akan mengejar ketertinggalan angka cakupan vaksinasi agar Kuningan kembali masuk ke PPKM level dua.

“dua hari ini 10 ribu perhari, besok 10 ribu, terus nanti malam akan datang lagi 30 ribu, pokoknya terus aja sampai mencapai target, Insya Allah, Kita sudah sekitar 42% tinggal sedikit lagi” Lanjut Susi.

Tiga minggu sebelumnya, dalam keterangan pers yang dirilis di https://www.kominfo.go.id/, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu dekat dan masyarakat harus siap untuk hidup berdampingan dengan virus tersebut.

Oleh sebab itu, pemerintah terus melakukan persiapan proses transisi dari pandemi ke endemi. Salah satu strategi yang diterapkan adalah dengan terus mengakselerasi laju vaksinasi di seluruh daerah di tanah air.

“Sebagai salah satu proses transisi untuk hidup bersama Covid-19, telah diputuskan untuk memasukkan indikator cakupan vaksinasi dalam evaluasi penurunan Level PPKM dari Level 3 ke Level 2 dan Level 2 ke Level 1 di Jawa-Bali,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, dalam Keterangan Pers mengenai Perkembangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Terkini, dari Jakarta, Senin (13/09/2021) malam.

Menko Luhut menegaskan, untuk bisa turun dari Level 3 ke Level 2, cakupan vaksinasi dosis pertama daerah tersebut harus mencapai 50 persen dan cakupan vaksinasi kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) harus mencapai 40 persen. Sedangkan untuk bisa turun dari Level 2 ke Level 1, cakupan vaksinasi dosis pertama harus mencapai 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 60 persen.(Bengpri)

Related posts

Suguhkan Masakan Sunda, Sayur Asem Pawon Ambu Bikin Ketagihan

admin

Hebat, Tiga Prestasi Kembali Ditorehkan Mahasiswa Uniku

admin

Buper Trijaya, Suguhkan Pemandangan Indah dan Sejuk

admin

Leave a Comment