Berita Terbaru Travel

GCK Kampanyekan Pencanangan Pengurangan Limbah Plastik dan Gerakan Tanam Pohon

Bewara.id – Ratusan penyuka hobi bersepeda yang tergabung dalam Gocapan Cycling Kuningan (GCK), menggelar kegiatan Gowes Untuk Bumi yang mengambil start dari Objek Wisata Alam Woodland Desa Setianegara dan finish di Bumi Seni Tarikolot Desa Sukamukti.

Kegiatan yang sebelumnya direncanakan akan digelar sekitar awal bulan September lalu ini dalam rangka milangkala hari ulang tahun Kuningan yang ke-523 , dikarenakan kondisi pandemi saat itu yang belum memungkinkan akhirnya baru dapat dilaksanakan hari Minggu (26/90).

Dengan menggelar Gowes untuk Bumi ini, Gocapan Cycling Kuningan (GCK) juga melakukan kampanye kelestarian alam, sekaligus dilakukan pencanangan Pengurangan Limbah Plastik dan gerakan untuk menanam pohon.
Sekda Kuningan H. Dian Racmat Yanuar yang mengikuti kegiatan dan larut bergoes ria dengan para peserta dari start sampai finish.

Sekda Kabupaten Kuningan, Dian Rachmat Yanuar

Mewakili Bupati Kuningan H. Acep Punama, Sekda Kuningan mengawali sambutannya dengan menyampaikan salam dari Bupati dan permohonan maaf karena tidak bisa hadir dikarenakan ada acara yang tidak bisa ditinggalkan.

“Tujuan dar kegiatan ini bahwa kita menyadari kelestarian alam ini memang tanggung jawab bersama, mudah-mudahan hari ini sebuah kampanye yang cukup efektif kolaborasi antara Bagian Kesra dengan tim goeser dan Dinas Lingkungan Hidup untuk menyadarkan kembali buat anak cucu kita tentang pentingnya menjaga kesetarikan alam secara Kontinyu” Ucap Sekda.

Dalam kesempatan ini, Sekda juga berpesan walaupun sesuai hasil evaluasi Kuningan sekarang sudah masuk level 2 dan sudah warna hijau, namun dengan kondisi Covid-19 yang melandai, masyarakat harus tetap waspada dan konsisten menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas sehari-hari.

“Dengan kondisi covid yang mulai melandai, kita akan melonggarkan aktivitas-aktivitas tapi tetap untuk menjaga prokes, karena tidak menutup kemungkinan kalau kita tidak konsisten untuk waspada dikhawatirkan terjadi lagi gelombang yang ke 3 tentang covid ini, yang pstinya tidak kita harapkan bersama” Lanjut Sekda.

Dengan mengambil tema Gowes untuk Bumi, Sekda berharap dalam kegiatan hari ini disamping menyadarkan tentang pentingnya menjaga lestari lingkungan, juga tidak kalah penting untuk menjaga bumi dari kotoran sampah, terutama sampah plastik.

“Sampah plastik kalau dibuang tidak bisa diurai sesingkat mungkin, tetapi mungkin butuh puluhan bahkan ratusan tahun dengan cara kolektif kesadaran seluruh masyarakat untuk meminimalisir sampah plastik mudah-mudahan pelestarian alam dapat tetap terjaga” Ujar Sekda.

Selain Sekda Kabupaten Kuningan dan ratusan penyuka olahraga bersepeda yang tergabung dalam GCK, kegiatan ini juga diikuti oleh Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi David Nainggolan, Anggota DPRD Kuningan Udin Kusnaedi, Inspektur Kab. Kuningan, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis DPMD, Kadis Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan, Kadinsos, , Camat Jalaksana.

Dalam kegiatan ini juga digelar penyerahan Bansos kepada masyarakat dan penanaman pohon yang dilakukan oleh Sekda Kabupaten Kuningan. Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Petisi Deklarasi Bersama Peduli Lingkungan untuk Kuningan Resik, yang dilakukan oleh seluruh peserta kegiatan. (Bengpri)

Related posts

Buper Trijaya, Suguhkan Pemandangan Indah dan Sejuk

admin

Manaqib Bersama Umar-Modern Kuningan

admin

Diskusi Virtual Inspirasi Hati

admin

Leave a Comment